50 soal bahasa inggris kelas 7 semester 2

50 soal bahasa inggris kelas 7 semester 2

Menguasai Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 2: Panduan Lengkap 50 Soal Latihan & Penjelasannya

Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah fondasi penting untuk pemahaman bahasa global di masa depan. Khususnya di kelas 7 semester 2, siswa akan diperkenalkan dengan berbagai konsep tata bahasa dan kosa kata yang lebih mendalam, serta keterampilan fungsional yang memungkinkan mereka berkomunikasi lebih efektif. Untuk membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi ujian, menguatkan pemahaman, dan meningkatkan kepercayaan diri, artikel ini menyajikan 50 soal latihan yang komprehensif, mencakup materi-materi kunci di semester kedua, lengkap dengan penjelasan singkat untuk setiap kategori.

Mengapa Latihan Soal Itu Penting?

Latihan soal bukan hanya tentang menghafal jawaban. Ini adalah proses aktif yang membantu siswa:

50 soal bahasa inggris kelas 7 semester 2

  1. Mengidentifikasi Area Kekuatan dan Kelemahan: Mengetahui topik mana yang sudah dikuasai dan mana yang masih membutuhkan perhatian lebih.
  2. Meningkatkan Pemahaman Konsep: Menerapkan teori tata bahasa dan kosa kata dalam konteks nyata.
  3. Melatih Keterampilan Berpikir Kritis: Menganalisis pertanyaan dan memilih jawaban yang paling tepat.
  4. Membangun Kepercayaan Diri: Merasa lebih siap dan tenang saat menghadapi ujian sesungguhnya.
  5. Meningkatkan Kecepatan dan Akurasi: Dengan latihan berulang, siswa akan menjadi lebih cepat dan akurat dalam menjawab.

Materi Kunci Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 2

Sebelum kita masuk ke soal-soal latihan, mari kita tinjau kembali beberapa materi pokok yang biasanya diajarkan di kelas 7 semester 2:

  1. Simple Past Tense: Digunakan untuk menyatakan kejadian atau tindakan yang terjadi dan selesai di masa lampau. Meliputi penggunaan kata kerja regular (beraturan) dan irregular (tidak beraturan).
  2. Present Continuous Tense: Digunakan untuk menyatakan tindakan yang sedang berlangsung saat ini atau di sekitar waktu pembicaraan.
  3. Prepositions of Place & Time: Kata depan yang menunjukkan lokasi (in, on, at, under, next to, etc.) dan waktu (in, on, at for time).
  4. Describing People, Places, and Things: Menggunakan adjective (kata sifat) untuk memberikan detail tentang seseorang, tempat, atau benda.
  5. Asking and Giving Directions: Ungkapan untuk menanyakan dan memberikan petunjuk arah.
  6. Telling Time and Daily Activities: Mengungkapkan waktu dan menjelaskan rutinitas harian.
  7. Reading Comprehension: Memahami teks pendek seperti deskripsi, cerita sederhana, atau pengumuman.
  8. Vocabulary Expansion: Peningkatan kosa kata terkait kegiatan sehari-hari, tempat, profesi, hobi, dll.

Mari kita mulai latihan soalnya!

50 SOAL LATIHAN BAHASA INGGRIS KELAS 7 SEMESTER 2

I. Simple Past Tense (10 Soal)
Simple Past Tense digunakan untuk menyatakan aksi yang terjadi dan selesai di masa lalu. Kata kerja berubah bentuk menjadi bentuk kedua (V2). Ada kata kerja beraturan (regular verbs, ditambahkan -ed/-d) dan tidak beraturan (irregular verbs, perubahannya unik).

Pilihlah jawaban yang tepat untuk melengkapi kalimat.

  1. My family and I __ to Bali last holiday.
    a) go b) goes c) went d) going
  2. She __ a delicious cake for her brother’s birthday yesterday.
    a) bake b) bakes c) baked d) baking
  3. They __ football in the park two hours ago.
    a) play b) plays c) played d) playing
  4. I __ a new novel last week.
    a) read b) reads c) reading d) read (past tense)
  5. My father __ in Jakarta from 2005 to 2010.
    a) live b) lives c) lived d) living
  6. Did you __ your homework last night?
    a) do b) does c) did d) doing
  7. We __ a lot of fun at the party.
    a) have b) has c) had d) having
  8. The students __ their teacher’s instructions carefully.
    a) listen b) listens c) listened d) listening
  9. He __ sick and couldn’t come to school.
    a) is b) am c) was d) were
  10. My sister __ me a beautiful present on my birthday.
    a) give b) gives c) gave d) giving
READ  Panduan Lengkap: Cara Mengubah Google Form ke Word untuk Pengelolaan Dokumen yang Efisien

II. Present Continuous Tense (8 Soal)
Present Continuous Tense digunakan untuk menyatakan aksi yang sedang berlangsung saat ini. Polanya adalah Subject + to be (am/is/are) + Verb-ing.

Lengkapi kalimat berikut dengan bentuk Present Continuous Tense yang benar.

  1. Look! The cat __ (sleep) on the sofa right now.
    a) sleeps b) is sleeping c) sleeping d) slept
  2. We __ (study) for our English test at the moment.
    a) study b) are studying c) is studying d) studying
  3. She __ (not, watch) TV now. She is reading a book.
    a) not watching b) isn’t watching c) aren’t watching d) don’t watch
  4. What __ you __ (do) ? I am cooking dinner.
    a) are…doing b) is…doing c) do…do d) are…do
  5. Listen! Someone __ (knock) on the door.
    a) knocks b) is knocking c) knocking d) knocked
  6. The children __ (play) in the garden.
    a) plays b) is playing c) are playing d) played
  7. I __ (write) an email to my friend.
    a) write b) am writing c) is writing d) writing
  8. They __ (have) lunch in the cafeteria.
    a) have b) is having c) are having d) had

III. Prepositions of Place & Time (8 Soal)
Preposisi tempat (in, on, at, under, next to, etc.) menunjukkan lokasi, sedangkan preposisi waktu (in, on, at) menunjukkan kapan sesuatu terjadi.

Pilihlah preposisi yang paling tepat untuk melengkapi kalimat.

  1. The book is __ the table.
    a) in b) on c) at d) under
  2. My birthday is __ May 10th.
    a) in b) on c) at d) from
  3. We usually have dinner __ 7 o’clock __ the evening.
    a) at, in b) in, at c) on, in d) at, on
  4. The cat is hiding __ the bed.
    a) in b) on c) under d) at
  5. The new student sits __ to me in class.
    a) in b) on c) at d) next
  6. There are many trees __ the park.
    a) in b) on c) at d) next
  7. The meeting starts __ 9 AM.
    a) in b) on c) at d) from
  8. My house is __ the corner of Main Street and Oak Avenue.
    a) in b) on c) at d) next

IV. Describing People, Places, and Things (8 Soal)
Menggunakan kata sifat (adjectives) untuk memberikan gambaran atau ciri-ciri.

Pilihlah kata sifat yang paling sesuai untuk melengkapi kalimat.

  1. My little sister is very __. She always shares her toys.
    a) selfish b) kind c) angry d) noisy
  2. The new building in the city center is very __. It has 20 floors.
    a) small b) old c) tall d) short
  3. This soup is so __. I love spicy food.
    a) sweet b) sour c) bitter d) hot
  4. The classroom is very __ today. There are only a few students.
    a) crowded b) empty c) noisy d) big
  5. He is a very __ student. He always gets good grades.
    a) lazy b) clever c) sad d) shy
  6. The weather today is __. It’s raining heavily.
    a) sunny b) cloudy c) windy d) rainy
  7. My grandmother has __ hair and a __ smile.
    a) short, big b) long, pretty c) black, ugly d) curly, wide
  8. The beach was so __ with clear blue water and white sand.
    a) ugly b) dirty c) beautiful d) small
READ  Soal ski kelas 6 semester 2

V. Asking and Giving Directions (6 Soal)
Melatih ungkapan sehari-hari untuk menunjukkan arah.

Bacalah dialog singkat berikut, kemudian jawab pertanyaan.

Dialog:
A: Excuse me, how can I get to the nearest post office?
B: Go straight ahead for two blocks, then turn left at the traffic light. The post office will be on your right, next to the bank.
A: Thank you!
B: You’re welcome.

  1. What is Person A looking for?
    a) A bank b) A traffic light c) A post office d) A school
  2. What should Person A do after two blocks?
    a) Turn right b) Go straight c) Turn left d) Stop
  3. Where is the post office located relative to the bank?
    a) Behind the bank b) Next to the bank c) Across from the bank d) Far from the bank

Pilihlah respons yang paling tepat.

  1. "Excuse me, where is the library?"
    a) Yes, it is. b) It’s 10 o’clock. c) Go straight, then turn right. d) I like reading.
  2. "How do I get to the supermarket?"
    a) You can buy food there. b) It’s a big building. c) Go past the school, it’s on your left. d) I don’t know you.
  3. "Is there a hospital near here?"
    a) Yes, there is one on Elm Street. b) No, I’m not. c) I feel sick. d) Hospitals are important.

VI. Telling Time & Daily Activities (5 Soal)
Mengungkapkan waktu dan menceritakan rutinitas.

Jawablah pertanyaan berdasarkan gambar atau informasi yang diberikan.

  1. What time is it? (Gambar jam menunjukkan pukul 06:00)
    a) It’s six fifteen. b) It’s half past six. c) It’s six o’clock. d) It’s quarter to six.
  2. What time do you usually have breakfast?
    a) I usually have breakfast at 7 AM. b) I like breakfast. c) Breakfast is delicious. d) I never eat breakfast.
  3. What does "quarter past three" mean?
    a) 3:00 b) 3:15 c) 3:30 d) 3:45
  4. If it’s "half past eight" in the evening, what time is it?
    a) 8:00 AM b) 8:30 AM c) 8:00 PM d) 8:30 PM
  5. What do you usually do before going to school?
    a) I watch TV. b) I sleep. c) I prepare my books and have breakfast. d) I play games.

VII. Reading Comprehension (5 Soal)
Bacalah teks berikut dengan saksama, kemudian jawab pertanyaan yang diberikan.

My Best Friend, Sarah

Sarah is my best friend. She is 13 years old, just like me. She has long, straight black hair and a pair of beautiful brown eyes. Sarah is a very kind and smart person. She always helps her friends and gets good grades in school. Every Saturday morning, we usually go to the public library together to read books and do our homework. Last Sunday, we visited a new cafe near her house and tried some delicious pastries. It was a fun day! Sarah wants to be a doctor in the future, and I believe she will achieve her dream because she studies very hard.

  1. How old is Sarah?
    a) 12 years old b) 13 years old c) 14 years old d) The text doesn’t say.
  2. What color are Sarah’s eyes?
    a) Blue b) Green c) Brown d) Black
  3. What do Sarah and her best friend usually do every Saturday morning?
    a) Play games b) Go to the public library c) Visit a new cafe d) Watch movies
  4. Where did they go last Sunday?
    a) To the public library b) To school c) To a new cafe d) To a hospital
  5. What does Sarah want to be in the future?
    a) A teacher b) A writer c) A doctor d) A chef
READ  Contoh soal fraction untuk kelas 4 sd

Kunci Jawaban:

I. Simple Past Tense

  1. c) went
  2. c) baked
  3. c) played
  4. d) read (past tense)
  5. c) lived
  6. a) do
  7. c) had
  8. c) listened
  9. c) was
  10. c) gave

II. Present Continuous Tense

  1. b) is sleeping
  2. b) are studying
  3. b) isn’t watching
  4. a) are…doing
  5. b) is knocking
  6. c) are playing
  7. b) am writing
  8. c) are having

III. Prepositions of Place & Time

  1. b) on
  2. b) on
  3. a) at, in
  4. c) under
  5. d) next
  6. a) in
  7. c) at
  8. c) at

IV. Describing People, Places, and Things

  1. b) kind
  2. c) tall
  3. d) hot
  4. b) empty
  5. b) clever
  6. d) rainy
  7. b) long, pretty
  8. c) beautiful

V. Asking and Giving Directions

  1. c) A post office
  2. c) Turn left
  3. b) Next to the bank
  4. c) Go straight, then turn right.
  5. c) Go past the school, it’s on your left.
  6. a) Yes, there is one on Elm Street.

VI. Telling Time & Daily Activities

  1. c) It’s six o’clock.
  2. a) I usually have breakfast at 7 AM.
  3. b) 3:15
  4. d) 8:30 PM
  5. c) I prepare my books and have breakfast.

VII. Reading Comprehension

  1. b) 13 years old
  2. c) Brown
  3. b) Go to the public library
  4. c) To a new cafe
  5. c) A doctor

Tips Belajar Efektif untuk Siswa:

  1. Pahami Konsep, Jangan Hanya Menghafal: Pastikan Anda mengerti mengapa suatu tense digunakan atau kapan suatu preposisi dipakai, bukan hanya menghafal rumusnya.
  2. Perbanyak Kosa Kata: Catat kata-kata baru yang Anda temui, cari artinya, dan coba gunakan dalam kalimat. Kosa kata adalah kunci pemahaman dan komunikasi.
  3. Latihan Menulis: Coba tulis kalimat atau paragraf pendek menggunakan tenses atau kosa kata yang baru Anda pelajari. Misalnya, tulis tentang rutinitas harian Anda (Present Continuous), atau apa yang Anda lakukan kemarin (Simple Past).
  4. Praktik Berbicara: Jangan takut berbicara Bahasa Inggris, meskipun masih salah. Coba berbicara dengan teman atau guru. Keterampilan fungsional seperti memberi arah akan sangat terbantu dengan praktik langsung.
  5. Manfaatkan Sumber Daya: Tonton film atau video berbahasa Inggris dengan subtitle Bahasa Inggris, dengarkan lagu, atau baca buku cerita berbahasa Inggris yang sesuai dengan level Anda.
  6. Disiplin dan Konsisten: Luangkan waktu singkat setiap hari untuk belajar Bahasa Inggris, daripada belajar banyak sekaligus hanya menjelang ujian.

Peran Orang Tua dan Guru:

  1. Ciptakan Lingkungan yang Mendukung: Dorong anak untuk berlatih, berikan pujian atas usaha mereka, dan jangan terlalu menekankan pada kesalahan.
  2. Sediakan Sumber Daya: Buku latihan tambahan, aplikasi belajar bahasa, atau akses ke materi online yang relevan.
  3. Libatkan dalam Percakapan Sederhana: Jika memungkinkan, gunakan frasa Bahasa Inggris sederhana dalam percakapan sehari-hari.
  4. Variasi Metode Pembelajaran: Guru dapat menggunakan berbagai aktivitas di kelas, seperti permainan, proyek kelompok, atau role-play, untuk membuat pembelajaran lebih menarik.
  5. Umpan Balik yang Membangun: Berikan koreksi dengan cara yang membantu siswa memahami kesalahannya, bukan hanya menunjukkan bahwa mereka salah.

Kesimpulan

Menguasai Bahasa Inggris di kelas 7 semester 2 adalah langkah penting dalam perjalanan belajar bahasa. Dengan pemahaman yang kuat tentang Simple Past Tense, Present Continuous Tense, preposisi, kemampuan mendeskripsikan, dan keterampilan fungsional lainnya, siswa akan memiliki dasar yang kokoh untuk materi yang lebih kompleks di jenjang berikutnya. 50 soal latihan ini dirancang untuk menjadi alat bantu yang efektif. Ingatlah, kunci keberhasilan adalah latihan yang konsisten, rasa ingin tahu, dan keberanian untuk mencoba. Selamat belajar dan semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *